Top 7 Menu Makanan Berkuah di Musim Hujan Versi Nanda Spot

image

MUSIM hujan paling nikmat menyeruput menu penghangat badan. Aneka menu berkuah menjadi pilihan tepat.

Kuliner Nusantara begitu kaya akan hidangan istimewa. Tak terkecuali menu berkuah yang amat beragam jenisnya. Mulai soto, sop, rawon, bakso, empal, hingga coto Makssar. Jika diurai satu per satu, Anda pasti kian kagum betapa banyaknya pilihan makanan Indonesia yang cocok dijadikan santapan kala hawa tengah mendingin seperti saat ini. Berikut adalah top 7 menu makanan dikala musim hujan versi nanda spot :

    1. Bakso

image

Bakso atau baso adalah salah satu jenis makanan berkuah yang sangat cocok pada musim hujan. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga baso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang. Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur, ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran.

 

    1. Rawon

image

Rawon atau nasi rawon (karena selalu disajikan dengan nasi) adalah menu berupa sup daging dengan bumbu khas karena mengandung kluwek. Rawon, meskipun dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur (seperti Surabaya), dikenal pula oleh masyarakat Jawa Tengah sebelah timur (daerah Surakarta). Rawon disajikan bersama nasi, dilengkapi dengan tauge kecil, daun bawang, kerupuk, dan sambal.

 

    1. Bubur Ayam

image

Bubur ayam sangat banyak dijumpai di Indonesia. Dengan banyaknya orang yang menyukai masakan ini, para pembuat/pedagang bubur ayam biasanya memiliki ide atau kreasi sendiri yang membuat bubur ayam menjadi hidangan yang dapat kita tambahkan makanan lain kedalamnya sesuai selera kita. Bubur ayam disajikan dengan potongan daging ayam, lalu diberi kerupuk di atasnya. Kecap menjadi penambah citarasa yang tak bisa dipisahkan dari makanan ini. Ada orang yang menambahkan cakue sebagai pelengkap selain ayam, dan menjadi salah satu pilihan jenis bubur ayam yang banyak digemari. Seledri juga bisa ditambahkan untuk mempercantik tampilan dan rasa..

 

    1. Mie Ayam Pangsit

image

Mie ayam pangsit merupakan salah satu menu favorit saya, apalagi disantap dikala hujan eemm mantap. Mie pangsit terdiri dari mie, sawi, kuah kaldu ayam, cacahan ayam ditambah pangsit dan kadang juga disertai bakso. Menu ini sangat cocok sekali disantap pedas-pedas diwaktu hujan.

 

    1. Coto Makassar

image

Coto Makassar atau Coto Mangkasara adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari jeroan (isi perut) sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus. Coto dihidangkan dalam mangkuk dan dimakan dengan ketupat dan “burasa”. Saat ini Coto Mangkasara sudah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia, mulai di warung pinggir jalan hingga restoran. Dan direncanakan mulai bulan November 2008 Coto Makassar akan menjadi salah satu menu pada penerbangan domestik Garuda Indonesia dari dan ke Makassar.

 

    1. Soto Banjar

image

Soto Banjar adalah soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam dan beraroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh. Soto berisi daging ayam yang sudah disuwir-suwir, dengan tambahan perkedel atau kentang rebus, rebusan telur, dan ketupat..

 

    1. Mie Instant Kaldu + Telor + Sawi

image

Nah ini dia menu yang paling cocok buat anak perantauan atau anak kost. Mie instant kaldu + telor + sawi namanya juga instant makanan siap saji, murah dan alternatif terbaik juga buat menu makanan di musim hujan

 

Sumber : http://id.wikipedia.org/

5 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please enter Google Username or ID to start!
Example: clip360net or 116819034451508671546
Title
Caption
File name
Size
Alignment
Link to
  Open new windows
  Rel nofollow